Rabu, 02 Juni 2010

DISLEKSIA

PENGERTIAN DISLEKSIA

  Kata disleksia berasal dari bahasa Yunani dys yang berarti “sulit dalam” dan lex ( berasal dari kata legein, yang artinya berbicara). Jadi disleksia merupakan suatu kondisi dimana seseorang mempunyai ketidakmampuan belajar yang disebabkan oleh kesulitan pada anak tersebut dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis. Gangguan ini bukan bentuk dati ketidakmampuan fisik seperti karena ada permasalahan pada pengelihatan, tapi mengarah pada bagaimana otak mengolah dan memproses informasi yang sedang dibaca anak tersebut. 

  Kesulitan ini biasanya baru terdeteksi setelah anak memasuki dunia sekolah untuk beberapa waktu. Selain mengalami gangguan membaca serta menulis pengidap disleksia ini juga ditenggarai mempengaruhi kemampuan berbicara pada para pengidapnya. Disleksia tidak hanya terbatas pada ketidakmampuan seseorang untuk menyusun atau membaca kalimat dalam urutan yang baik dan benar. Para peneliti menemukan disfungsi ini disebabkan oleh kondisi biokimia otak yang tidak stabil dan juga dalam beberapa hal bawaan dari orang tua. Terminologi disleksia juga digunakan untuk merujuk kepada kehilangan kemampuan membaca pada seseorang dikarenakan akibat kerusakan pada otak disleksia jenis ini disebut sebagai “Alexia”.

  Ternyata disleksia ini tidak hanya terjadi pada anak – anak saja. Orang dewasapun bias mengidap gangguan disleksia ini. Begitu seorang anak ditemukan mengidap gangguan disleksia, berikan terapi sedini mungkin atau bias juga dengan melakukan latihan remedial teaching ( terapi mengulang ) dengan penuh kesabaran dan ketekunan biasanya akan membantu anak mengatasi kesulitan yang ia alami. Memberikan motivasi serta pujian hadiah kecil setiap kali anak tersebut berhasil mengatasinya akan sangat membantu agar si anak bias lebih giat melakukan belajar. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar