Senin, 28 Februari 2011

kaitan ilmu matematika dan statistika dengan ilmu psikologi

  Dalam ilmu psikologi tidak hanya mengobservasi perilaku seseorang, tapi dalam psikologi juga tidak terpaku dengan kegiatan mengobservasi perilaku seseorang dan cara penyelesaian permasalahan yang di hadapi oleh seorang klien. Ilmu psikologi juga pasti akan berkaitan dengan ilmu lainnya misalnya dengan ilmu pendidikan, ilmu matematika, dan statistika.
   Berkaitan dengan ilmu matematika dan statistika, dalam dunia psikologi juga diperlukan untuk bahan penelitian yang menggunakan variabel kuantitatif. Statistika sangat diperlukan dalam psikologi saat sedang melakukan penelitian dengan menggunakan variabel kuantitatif. Dalam statistika kita nanti bisa mengukur tentang apa yang akan menjadi bahan penelitian kita bila berkaitan dengan angka - angka.
  Ilmu psikologi pun tidak bisa terlepaskan oleh angka - angka. Banyak orang yang berpikir kalau kita kuliah mengambil jurusan psikologi untuk menghindari hitung - hitungan ternyata salah, malah dalam psikologi terdapat juga hitung-hitungan meskipun tidak terlalu banyak dibandingkan dengan jurusan-jurusan perkuliahan yang lainnya seperti teknik industri, arsitektut, dll. 
   Akan sangat berguna sekali bila kita bisa memahami ilmu statistika, karena dalam bidang ilmu psikologi itu sangat diperlukan sekali. 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar