Rabu, 24 Februari 2010

SINDROM ASPERGER

    Sindrom asperger adalah salah satu gejala autisme di mana para penderitanya memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungannya, sehingga kurang begitu diterima. Sindrom ini ditemukan oleh Hans Asperger pada tahun 1944. Sindrom Asperger dibedakan dengan gejala autisme lainnya dilihat dari kemampuan linguistik dan kognitif para penderitanya yang relatif tidak mengalami penurunan, bahkan dengan IQ yang relatif tinggi atau rata-rata (ini berarti sebagian besar penderita sindrom Asperger bisa hidup secara mandiri, tidak seperti autisme lainnya). Sindrom Asperger juga bukanlah sebuah penyakit mental.

   Para dokter melihat sindrom asperger ini sebagai sebuah bentuk autisme. Ketika orang berbicara, umumnya mereka menggunakan bahasa tubuh seperti senyuman dan komunikasi non verbal lainnya, dan juga kata - kata yang di keluarkan mengandung lebih dari satu arti. Seorang penderita sindrom asperger memiliki kesulitan untuk memahami apa arti kata tersebut, seperti yang ia pahami di dalam kamus. Para penderita sindrom Asperger tidak mengetahui bagaimana memahami ironi, sarkasme, dan penggunaan bahasa slang, apalagi memahami mimik muka/eskpersi orang lain. Mereka juga tidak tahu bagaimana caranya untuk bersosialisasi dengan orang lain dan cenderung menjadi pemalu.

Selasa, 23 Februari 2010

TUGAS KREATIFITAS

1. Menurut anda mengapa kreativitas begitu bermakna dalam hidup ?

    Menurut saya kreativitas itu sangat bermakna dalam kehidupan seseorang karena dalam hidupnya seseorang di tuntut untuk bisa berpikir yang kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan, serta seseorang dapat bisa mengembangkan pemikirannya.

2. Mengapa kreativitas perlu di pupuk sejak dini ?

      Karena pada saat masa dini dimana otak seorang anak sedang berkembang dengan baik tidak ada salahnya bila kreatifitas di pupuk sejak dini itu bisa menjadikan seorang anak menkadi pribadi yang kreatif dan masa depan dia pun akan menjadi seseorang yang mempunyai kualitas.

3. Bagaimana peranan atau strategi 4P untuk anak kreatif ?

      Pribadi : Kreatifitas ini harus di timbulkan dari diri sendiri.

      Proses : dimana saat anak sudah bisa menimbulkan daya kreatifitas itu tidak langsung butuh yang namanya proses menuju daya kreatiftas.

     Press : saat pribadi, proses sudah di lakukan dengan baik maka di butuhkan press atau dorongan dari lingkungan maupun orang tua,teman sepermainannya agar dia merasa kalau tindakan yang dia lakukan mendapat dukungan dari orang sekitarnya.

    Produk : Anak yang mempunyai daya kreatifitas yang sangat tinggi akan mempunyai suatu produk yang dia ciptakan sendiri.

4. Guilford (1967) menyatakan bahwa intelejensi berkaitan dengan berpikir secara konvergen , sedangkan kreativitas adalah berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk berpikir divergen . Bagaimana menurut anda mengenai pernyataan diatas !

      Menurut saya, saya sangat setuju sekali dengan pendapat dari Guilford ini karena orang yang kreatif dia akan berpikir divergen yaitu cara berpikir tidak pada satu jawaban dia bisa menjawab dengan banyak hal.

5. Berikan contoh 3 perilaku kreatif yang mencerminkan Teori Freud (psikoanalisis) & Teori Kris (mekanisme pertahanan) !

    3 contoh dari perilaku kreatif yang mencerminkan teori Freud

Regresi : kembali ke perilaku yang sebelumnya berhasil jika perilaku saat ini tidak berhasil contoh :Anak kecil menangis ketika mendapat uang jajan sedikit dengan harapan orang tua akan menambah uang jajannya.

Kompensasi : berusaha mengimbangi ketidakmampuan yang dilakukan secara tidak sadar dengan menonjolkan pada hal lain. contohnya : saat seseorang tidak bisa dalam hal mengerjakan soal matematika,dia mencoba pada pelajaran yang lainnya.

Pemindahan : jika takut mengungkapkan perasaan terhadap seseorang,perasaan itu diungkapkan terhadap seseorang yang kurang kuasa contohnya : karena takut menyatakan kemarahan kepada orang tua, maka marah - marah pada orang lain.

Teori Ernst Kris

menyatakan bahwa mekanisme pertahanan regresi sering memunculkan tindakan kreatif. Orang yang kreatif menurut teori ini adalah orang yang mampu "memanggil" bahan dari alam pikiran tidak sadar.

  1. Teori belahan otak kanan & otak kiri dan contoh-contohnya

     Pada otak kanan itu menggerakan bagian tubuh yang kiri dan pada otak kiri itu menggerakan bagian tubuh yang kanan.Serta mempengaruhi daya kreatifitas seseorang. Kerja otak kiri secara berurut , bagian perbagian dan logis. Kerja otak kanan secara acak , holistik dan kreatif.

contohnya : saat kita sedang mempelajari fisika ataupun kimia yang sangat susah kita akan mengalami kesulitan bila kita hanya menggunakan otak kiri.

     2.Mengapa otak kanan & kiri harus bekerja secara seimbang ???

     Karena belahan otak kiri maupu kanan itu sangat mempengaruhi satu dengan yang lainnya bila otak kiri dan kanan tidak di gunakan secara seimbang maka dalam menghadapi kehidupannya seseorang akan mengalami kesulitan.

   3.Cara untuk menyeimbangkan cara kerja belahan otak kanan & otak kiri

     Dengan cara yaitu dengan tidak memakai semua hal pada satu otak saja karena otak kiri maupun otak kanan itu mempunyai tugas masing - masing.

4.Mengembangkan kreatifitas pada anak dimana otak kanan nya terhambat

    Dengan cara di berikan gambar - gambar yang bisa meningkatkan daya kreatfitasnya.